Sabtu, 22 Oktober 2011

Jalan-Jalan Ke Tempat Finalis "New 7 Wonders" (PART 2)



14. Uluru
Uluru (Ayers Rock) adalah salah satu ikon alam yang paling dikenal Australia. Formasi batu pasir yang terkenal di dunia berdiri 348 m di atas permukaan laut dengan sebagian besar tertanam di bawah tanah, dan ukuran lingkarnya 9,4 km. Uluru tampak berubah warna bila terkena cahaya yang berbeda pada waktu di hari dan tahun yang berbeda.



15. Bay of Fundy
Teluk Fundy terkenal karena pasangnya tertinggi dunia (mencapai 16,2 meter). Seratus milyar ton air laut keluar masuk Teluk Fundy dua kali dalam seharinya – lebih banyak jumlah air dari seluruh sungai di dunia sekaligus. Pasang surut Fundy menciptakan dinamika ekosistem laut yang sangat beraneka ragam. Teluk ini terkenal dengan formasi batu karangnya, efek pasang ekstrimnya (vertikal, horizontal, pesat dan melingkar ke bawah) dan pembangunan pantai berkelanjutan. Teluk ini juga lahan pangan internasional yang kritis untuk burung-burung berpindah, habitat yang hidup untuk spesies paus Right yang langka dan terancam, dan salah satu dari wilayah penting temuan fosil-fosil tumbuhan dan hewan. Teluk Fundy terletak antara propinsi-propinsi New Brunswick dan Nova Scotia di Kanada dan pantai timur Amerika Utara.


16. Laut Mati
Laut Mati adalah danau garam yang terletak berbatasan sebelah barat dengan Palestina dan Israel dan Yordania di bagian timurnya. Terletak pada ketinggian 420 meter di bawah permukaan laut, pantainya adalah titik terendah di bumi yang di merupakan dataran kering. Dengan salinitas 30 persen, kadar ini 8,6 kali lebih asin dari laut.



17. Great Barrier Reef
Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang terbesar di dunia, memiliki sekitar 3.000 individu terumbu dan 900 pulau-pulau yang membentang dalam area 2.600 km atau sekitar 344.400 km persegi. Ini adalah struktur tunggal terbesar yang terbentuk oleh oleh makhluk hidup dan dapat dilihat dari luar angkasa



18.Jeju Island
Jejudo adalah sebuah pulau vulkanik, 130 km selatan garis pantai Korea. Merupakan pulau terbesar dan provinsi terkecil di Korea, pulau ini memiliki luas permukaan 1.846 km2. Sebuah fitur utama dari Jeju adalah Hallasan, gunung tertinggi di Korea Selatan dan gunung berapi aktif, yang muncul 1.950 m di atas permukaan laut. 360 gunung berapi satelit di sekitar gunung berapi utama.



19. Masurian Lake District
Distrik Danau Masurian atau Masurian Lakeland adalah sebuah distrik di timur laut Polandia memiliki lebih dari 2.000 danau. Wilayah ini membentang ke arah timur sekitar 290 km dari Sungai Vistula selatan ke perbatasan Polandia-Lithuania dan menempati wilayah sekitar 52.000 kilometer persegi. Distrik danau dibentuk pada zaman es Pleistocene. Banyak bukit-bukit yang merupakan bagian dari morain dan banyak danau-danaunya adalah dibendung oleh moraine.



20. Underground River
Taman Nasional Sungai bawah tanah Puerto Princesa berlokasi sekitar 50 km sebelah utara dari kota Puerto Princesa, Palawan, Filipina. Bentang alam ini memiliki pegunungan kapur dengan 8,2 km sungai bawah tanah yang dapat dilayari. Sebuah ciri khusus dari sungai adalah ia berkelok dalam gua sebelum mengalir langsung ke Laut Cina Selatan. Ini termasuk formasi utama stalaktit dan stalagmit, dan beberapa ruang besar. Bagian bawah sungai terpengaruh pasang surut. Sungai bawah tanah ini terkenal sebagai yang terpanjang di dunia. Di mulut gua, laguna bening dibingkai oleh pohon-pohon purba yang tumbuh tepat di tepi air. Monyet, biawak besar, dan tupai menjadikan ceruk di pantai dekat gua sebagai tempat tinggalnya.



21. Vesuvius
Gunung Vesuvius adalah gunung berapi di timur Napoli, Italia. Ini adalah satu-satunya gunung berapi di daratan Eropa yang telah meletus dalam seratus tahun terakhir, meskipun saat ini tidak meletus. Vesuvius terkenal karena letusan di tahun 79 M yang menyebabkan kehancuran kota-kota Romawi Pompeii dan Herculaneum. Gunung ini telah meletus beberapa kali sejak itu dan saat ini dianggap sebagai salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di dunia.



22. Black Forest
Hutan Hitam (Schwarzwald) adalah bentangan pegunungan berhutan di baratdaya Jerman. Berbatasan dengan lembah Rhine pada bagian barat dan selatannya. Puncak tertingginya adalah gunung Feldberg dengan ketinggian 1.493 meter. Wilayah ini hampir persegi empat panjang 200 km dan lebar 60 km.



23. El Yunque
Hutan Nasional El Yunque, sebelumnya dikenal sebagai Hutan Nasional Karibia, terletak di pulau Puerto Rico. Nama yang sama juga untuk puncak gunung tertinggi kedua di hutan ini. El Yunque adalah satu-satunya hutan hujan tropis di Sistem Hutan Nasional Amerika Serikat.


24. Halong Bay
Teluk Halong terletak di provinsi Quang Ninh, Vietnam. Teluk ini terdiri dari ribuan karsts dan pulau-pulau kecil batuan kapur dengan berbagai ukuran dan bentuk. Teluk ini memiliki garis pantai sepanjang 120 kilometer dengan luas sekitar 1.553 kilometer persegi terdiri dari 1.969 pulau-pulau kecil. Beberapa pulau yang berlubang, dengan gua-gua yang sangat besar, lainnya terdapat desa-desa nelayan terapung yang berlalu-lalang di perairan dangkal untuk menangkapi 200 spesies ikan dan 450 jenis moluska. Fitur lain yang spesifik terdapat di Teluk Halong adalah banyaknya danau di dalam pulau-pulau batu kapur, misalnya, Pulau Dau Be memiliki enam danau tertutup. Semua danau ini menempati pulau tenggelam dalam fengcong karst.



25. Kilimanjaro
Dengan tiga kerucut gunung berapi, Kibo, Mawensi, dan Shira, Gunung Kilimanjaro adalah gunung api tidak aktif strato di bagian barat laut Tanzania. Ini adalah gunung yang berdiri bebas tertinggi di dunia, dengan ketinggian 4.600 m dari dasarnya, dan termasuk puncak tertinggi di Afrika dengan 5.895 meter.



26. Matterhorn/Cervino
Matterhorn/Cervino mungkin merupakan gunung yang paling dikenal di pegunungan Alpen di Eropa. Di perbatasan antara Swiss dan Italia, menara di atas desa Zermatt di Swiss dan desa Breuil-Cervinia, Italia, di Tournanche Val. Gunung ini memiliki empat wajah, menghadap empat arah mata angin, masing-masing, dengan wajah utara dan selatan bertemu untuk membentuk punggungan puncak pendek timur-barat. Wajah-wajah yang curam, dan hanya sebagian kecil dari bersalju dan es melekat padanya; longsoran salju secara teratur menjatuhkan salju dan menumpuk pada gletser di dasar setiap wajah



27. Sundarbans
Delta Sundarbans, di mulut sungai Gangga, adalah hutan bakau terbesar di dunia, membentang di sebagian Bangladesh dan Bengal Barat, India. Sundarbans terdiri dari jaringan kompleks saluran air pasang surut, lumpur dan pulau-pulau kecil hutan bakau penyaring garam. Daerah ini dikenal dengan berbagai jenis fauna, dengan harimau Royal Bengal yang paling terkenal, tetapi juga termasuk banyak burung, rusa melihat, buaya dan ular.


28. Yushan
Yushan, bagian dari Taman Nasional Yushan, adalah pegunungan pusat di Taipei Cina dan juga nama dari titik tertinggi dari pegunungan ini. Pegunungan ini juga disebut Gunung Giok dan tingginya mencapai 3.952 m di atas permukaan laut. Taman ini juga dikenal beragam satwa liar dan ekologi. Lingkungan di sekitar Yushan itu sendiri membentang dari hutan sub-tropis pada bagian dasarnya sampai ke kondisi alpine pada puncaknya.



sumber:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar