Sabtu, 29 Oktober 2011

Cara Menampilkan Google Plus, Facebook Like, dan Tweet This Button


Cara menampilkan Google Plus, Facebook Like, dan Tweet this Buttons pada WordPress

Alasan saya beralih dari blogger blog ke wordpress salah satunya adalah alasan ini, alasan plugins. Untuk memasang buttons sosial tersebut kita hanya perlu menginstall plugin Tweet, Like, Google +1 and Share. Contohnya seperti yang ada di bawah artikel ini.
“A very simple social share plugin with just 4 social icons. Well the around 99% of the posts are share with these 4 social icons (i.e Twitter, FB Like, Google +1 and FB Share) then why to have more. Lesser social icons means less load on pages and you pages will load much faster.
Features of the plugin
  • Huge list of options to easily display the buttons where require
  • Support for shortcode to display anywhere inside your post/page
  • Display using function call (useful if you want to embeb the code directly to your theme)”

Cara menampilkan Google Plus, Facebook Like, dan Tweet this Buttons pada Blogger blog atau platfrom lainnya

Untuk kasus blogger, sebaiknya sobat cek dulu di widgetnya blogger, kali-kali kalo fitur ini sudah ada. Tapi jika tidak ada saya akan memberi tahu bagaimana cara memasang button-button tersebut.

Cara Memasang Facebook Like/share button

Pertama yang perlu sobat lakukan adalah membuat fans page-nya terlebih dahulu. Kemudian pergi link Facebook Develover. Nah di sana ada dua tahapan untuk membuatnya, pertama sobat harus mengisi form-form yang ada kemudian sobat tinggal meng-generate scriptnya dan menaruh di blog sobat.

Cara Memasang Tweet This button

Twitter sebagai media social pun tidak kalah dalam urusan button yang berpengaruh pada traffik. Rata-rata mereka selalu datang jika artikel yang kita tulis cukup menarik, kalo saya sendiri artikel tentang gadget dan android yang cukup di sukai mereka. Okeh, untuk memasang tweet button sobat terlebih dahulu harus mempunyai akun twitter dahulu, kemudian jika sudah punya sobat tinggal pergi ke link Tweet Button.
Di sana terdapat 2 opsi yang harus sobat isi, seperti layaknya facebook like, di twitter ini pun prosesnya sama. Kita mengisi form-form yang diperlukan kemudian script nya akan muncul di bagian bawah. Setelah proses selesai kita bisa langsung copy/paste script pada blog sesuai posisi yang kita inginkan.

Cara Memasang Google Plus one/+1 button

Button yang ini cukup menarik untuk dibahas lebih lanjut, tetapi pada artikel ini saya hanya akan membahas cara membuatnya saja. Mengapa menarik? karena menurut google hal ini akan membantu pada SERP kita. Kita bisa saja menjadi rangking 1 pada SERP yang kita bidik juga memiliki poin lebih pada button ini.
Cara memasang script-nya pun terbilang mudah. Pertama rekan blogger pergi ke link Google Plus One/+1. Di sana sobat tidak perlu mengisi form-form seperti di facebook atau twitter, di sana kita hanya perlu memilih button mana yang mau kita pasang. Tersedia 4 pilihan, tetapi saya lebih suka yang “Tall”. Untuk cara memasangnya sedikit berbeda dai facebook dan twitter, tetapi tidak sulit.
Pertama sobat harus memasang
<script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script>
sebelum tag
</body>
kemudian pasang script satunya lagi di posisi yang sobat suka.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar