Minggu, 05 Februari 2012

MENARIK - RATU INGGRIS RAYAKAN 60 TAHUN BERTAHTA


Ratu Elizabeth II Minggu waktu setempat menandai 60 tahun dirinya bertahta di kerajaan Inggris dengan memperbarui dedikasinya kepada rakyat. Nenek 85 tahun ini juga akan mengunjungi beberapa tempat di Inggris jelang perayaan Diamond Jubilee yang akan digelar Juni mendatang.

Untuk merayakan hal ini, Ratu bersama dengan Pangeran Philip akan melakukan kunjungan ke sekolah di King's Lynn, Norfol. Di sekolah ini, Elizabeth menyaksikan drama singkat mengenai perubahan di Inggris selama dia bertahta. Selanjutnya, dia akan menghabiskan sore dengan Philip di istana Sandringham.

Pada hari perayaan Diamond Jubilee Juni mendatang, akan diadakan perayaan besar-besaran selama empat hari di tingkat nasional maupun internasional di seluruh negara persemakmuran. Direncakan pada perayaan tersebut, Elizabeth akan memimpin armada ribuan kapal boat untuk mengarungi sungai Thames. Suar terang juga akan dinyalakan di seantero negeri.

Jelang Diamond Jubilee, Elizabeth dan Philip sebisa mungkin akan mengunjungi banyak tempat di Inggris. Sementara itu, seluruh anggota kerajaan akan melakukan kunjungan ke 15 negara persemakmuran. Berbagai ucapan selamat dari seluruh rakyat juga sudah berdatangan.
"Saya berterima kasih atas semua dukungan dan semangat yang diberikan kepada saya dan Pangeran Philip selama ini. Di tahun spesial ini, saya mendedikasikan diri saya memperbarui pengabdian saya. Saya harap kita semua akan dikuatkan kebersamaan dalam berkeluarga, sahabat dan hubungan bertetangga," kata Elizabeth, dilansir dari Reuters.

Dalam perayaan itu, juga diluncurkan dua potret diri resmi Elizabeth di istana Buckingham. Juga akan dirancang sebuah perangko khusus, koin, dan cek bank bergambarkan Diamond Jubilee.

Elizabeth pertama kali bertahta pada umur 25 tahun menggantikan ayahnya George VI pada tahun 1952. Jika pada 2015 dia masih bertahta, maka Elizabeth akan menjadi ratu terlama yang menjabat setelah Ratu Victoria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar