Selasa, 07 Februari 2012

MENARIK - 60 TAHUN KEKUASAAN RATU ELIZABETH II


Tepat 60 tahun yang lalu, Elizabeth Windsor dinyatakan berhak mewarisi Kerajaan Britania Raya (Inggris) yang ditinggalkan ayahnya. Dia lalu dinobatkan sebagai Ratu Elizabeth II.
Menurut stasiun televisi BBC, keputusan itu diambil dua hari setelah Raja George VI wafat atau pada saat putri sulungnya, Elizabeth, baru pulang dari tur di Afrika bersama suaminya, Pangeran Phillip.
Dengan demikian, Putri Elizabeth menjadi ratu pada usia 25 tahun. Namun, acara penobatan Elizabeth sebagai Ratu Britania Raya baru berlangsung pada 2 Juni 1953.
Bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary Windsor, dia lahir di kota London pada 21 April 1926. Ia menikah dengan Pangeran Philip, seorang bangsawan keturunan Yunani dan Denmark, pada 20 November 1947.
Elizabeth dan Philip saat itu telah memiliki dua anak, yakni Pangeran Charles yang lahir tahun 1948 serta adiknya Anne yang berusia dua tahun lebih muda.
Di usia 85 tahun, Ratu Elizabeth II tahun ini masih dalam keadaan sehat. Dia merayakan 60 tahun penobatannya sebagai pemimpin Kerajaan Inggris secara sederhana dengan mengunjungi warga-warga biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar